7 Cara Mengajar Anak SD di Rumah

anak sedang belajar dirumah

Bimbingan dari orang tua menjadi hal yang sangat penting dalam membantu seorang anak agar bisa sukses dalam bidang akademiknya. Untuk itu, orang tua harus bisa membantu anak yang sudah memasuki jenjang pendidikan sekolah terutama SD agar bisa belajar dengan lebih giat saat di rumah. Hal ini supaya anak bisa lebih siap saat menjalani proses belajar saat di sekolah

Agar anak bisa semakin maksimal belajar di sekolah, simak bagaimana cara mengajar anak SD di rumah, berikut ini.

1. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Kebanyakan anak yang sudah masuk SD kadang jadi sulit belajar saat di rumah. Bukan karena anak malas, tetapi hal ini dipengaruhi oleh suasana rumah yang bisa saja kurang nyaman untuk anak belajar. Suasana rumah yang kurang kondusif bisa mengganggu konsentrasi anak dalam belajar.

Karenanya agar anak bisa semakin semangat dalam belajar saat di rumah, maka ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Cara mengajar anak SD di rumah pun juga harus menyenangkan, jangan terlalu tegang. Supaya anak bisa memahami apa yang dipelajarinya dari Anda,

2. Ajari Anak untuk Mengatur Waktu

Ketika seorang anak mampu mengatur waktunya, maka ia akan lebih fokus dengan pelajarannya saat di sekolah dari pada menghabiskan waktu untuk hal yang tidak terlalu penting.

Lantas, apa maknanya terorganisir bagi seorang anak-anak yang masih di usia sekolah dasar? Anak yang sudah di usia tersebut, berarti sudah mengenal apa itu PR atau tugas sekolah. Coba periksa buku PR anak dan tanyakan apakah ada PR yang harus ia kerjakan dan sudahkah ia mengerjakannya.

Agar anak bisa membagi tugasnya untuk mengerjakan PR dan juga bermain, mulai ajari anak dengan untuk bisa mengatur waktunya. Baik untuk mengerjakan tugas maupun bermain, supaya anak selalu siap ke sekolah dengan percaya diri. Sebab semua tugas yang diberikan di sekolah telah ia kerjakan dengan tuntas.

3. Buat To-do-list

Untuk bisa mengerjakan semua tugas dari sekolah, ajari anak untuk membuat to-do-list atau daftar hal-hal yang harus anak kerjakan hari ini. Misalnya saja anak mendapatkan PR matematika, lalu juga ada tugas membuat karya seni.

Nah, agar semua pekerjaan sekolahnya bisa siap esok hari maka ajak anak untuk mengerjakannya sesuai dengan daftar yang sudah dibuat. Utamakan tugas sesuai prioritasnya agar bisa selesai sesuai waktu yang seharusnya.

Tak satu pun orang yang terlahir dengan skill manajemen waktu. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang harus dipelajari serta dipraktikkan. Nah, anak mendapatkan kemampuan tersebut dari Anda, orang tuanya yang selalu mengajarinya saat di rumah.

4. Ajarkan anak kemampuan belajar

Bersiap menghadapi ujian bisa jadi hal yang cukup menakutkan bagi seorang anak SD, sehingga banyak guru berasumsi jika orangtua pastinya akan membantu anak untuk belajar demi bisa menghadapi ujian. Memperkenalkan anak dengan cara belajar yang seru, asyik dan menyenangkan sedari dini akan mampu membuat anak terbiasa belajar. Dan hal ini akan berkembang jadi kebiasaan baik untuk masa mendatang.

Agar anak semakin siap ketika menghadapi ujian, pastikan jika Anda juga harus tahu mengenai jadwal ujian anak. Sehingga, Anda bisa membantu anak untuk belajar menghadapi ujiannya sejak jauh-jauh hari. Anda pun juga wajib mengingatkan anak untuk mencatat semua hal penting yang sudah ia pelajari saat di sekolah, agar ia dapat mempelajarinya kembali saat di rumah.

Ajarkan pada anak untuk mengerjakan soal yang cenderung mudah lebih dulu baru mengerjakan soal yang lebih sulit. Supaya, waktu ujiannya tidak habis hanya untuk memikirkan satu soal saja hingga akhirnya tak bisa mengerjakan semua soal karena waktu yang habis.

Baca juga:  9 Tips Menyiapkan Bekal Buat Anak Ke Sekolah

5. Pahami aturan sekolah

Cara mengajari anak SD di rumah selanjutnya ialah dnegan mengetahui apa saja aturan dan juga hukuman yang bisa diberikan pada siswa oleh sekolah. Setiap sekolah pastinya mempunyai aturannya masing-masing untuk siswanya. Umumnya, sekolah telah mencantumkan semua kebijakan terhadap siswa mereka di  sebuah buku yang disebut buku pegangan siswa.

Buku ini berisi tentang aturan yang mencakup tentang cara berpakaian siswa, tata krama, penggunaan gadget, hingga konsekuensi yang mesti dihadapi jika siswa melanggar aturan dan masih banyak lagi.  Nah, karenanya sangat penting untuk memahami hal-hal yang boleh maupun tidak boleh dilakukan saat di sekolah.

Jangan lupa, Anda pun juga harus mendukung sekolah ketika anak Anda melakukan kesalahan dan harus menerima hukuman dari sekolah. Sehingga anak akan belajar dari kesalahan tersebut dan tak mengulanginya lagi.

6. Tingkatkan semangat belajar Anak

anak sd belajar semangat dirumah

Mengajari anak SD di rumah sebetulnya tak terlalu sulit jika Anda paham kuncinya. Salah satunya kenalkan anak dengan tujuan belajar. Saat belajar, apa tujuan yang ingin anak Anda capai, jika sudah tahu tujuannya, maka giliran Anda sekarang untuk mendorongnya untuk bisa mencapai tujuan anak.

Misalnya anak ingin dapat ranking satu di kelas, maka dukung anak dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan membuat anak makin bersemangat. Jangan lupa saat anak berhasil mencapai tujuannya, berikan reward pada anak. Ini akan jadi pemicu agar anak semakin giat untuk menggapai tujuannya.

7. Maksimalkan waktu belajar

Mengajar anak SD di rumah memang bukan perkara yang bisa dibilang gampang. Namun bukan berarti ini adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan di sekolah, saat belajar di rumah coba maksimalkan waktu yang ada dengan belajar lebih fokus.

Tak perlu waktu yang terlalu lama hingga membuat anak jadi bosan dan malas belajar. Sebab, saat anak sudah bosan ia jadi lebih sulit untuk diajak konsentrasi belajar.  Buat waktu belajar di rumah seefisien mungkin, pelajari mata pelajaran yang dianggap sulit terlebih dahulu.

Cari tahu dimana letak kesulitannya, ajak anak memecahkan soal tersebut. ketika anak sudah tahu kuncinya, berikan ia soal yang sejenis dan minta ia menyelesaikannya. Dengan waktu yang maksimal, anak bisa belajar lebih efisien dan tidak malas lagi buat belajar.

Penutup

Demikian beberapa cara mengajar Anak SD di rumah agar bisa lebih fokus lagi saat belajar di sekolah. Dengan mengajari anak dari rumah, anak akan lebih siap menghadapi setiap tantangan yang akan ia hadapi saat berada di sekolah. Sebagaimana harapan setiap orang tua adalah agar anaknya menjadi anak yang pandai dalam bidang pendidikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *