Ini 7 Cara Mengatasi Anak Obesitas

anak yang suka makan

Obesitas di Indonesia kini jadi persoalan yang telah melanda berbagai kalangan usia tak cuma orang dewasa tetapi juga anak-anak. Beberapa tahun belakangan ini, di laporkan adanya peningkatan jumlah anak yang mengalami obesitas di Indonesia hingga 3 kali lipat.

Obesitas merupakan kondisi berat badan yang berlebih atau kegemukan. Anak yang punya badan gemuk kadang terlihat sangat menggemaskan. Hal tersebut kerap dianggap hal yang sepele dan bukan hal yang membahayakan anak oleh orang tua sehingga merasa tak perlu untuk berobat atau berkonsultasi ke dokter. Padahal ternyata obesitas juga menjadi salah satu kondisi malnutrisi yang perlu ditangani selain gizi buruk.

Lantas, apa yang semestinya dilakukan oleh orangtua jika anak telanjur memiliki berat badan yang berlebihan? Bagaimana pula cara mengatasi anak obesitas agar berat badan yang dimilikinya bisa kembali ideal?

1. Terapkan pola makan sehat yang seimbang

Sebagai orangtua, Anda memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan asupan makanan apa saja yang nantinya dikonsumsi anak. Karenanya, usahakan selalu untuk menerapkan pola makan sehat secara seimbang. Salah satunya dengan menyediakan buah dan sayur dalam hidangan rutin hariannya.

Selain itu batasi juga frekuensi konsumsi makanan atau olahan siap saji, sebab makanan tersebut mengandung gula tambahan, garam, hingga kolesterol yang cukup tinggi dan dapat memicu obesitas. Tak hanya itu saja, makanan siap saji tersebut juga miskin nutrisi.

Ada baiknya ubah pola makan anak dengan pola makan yang lebih sehat secara bertahap dalam jangka waktu yang panjang. Dibanding membatasi semua makanan kalori tinggi secara drastis pada anak dengan obesitas. Sebab perubahan drastis pada pola makan anak, cenderung menimbulkan trauma pada anak dan tak bertahan lama.

Sebaiknya utamakan penerapan nutrisi secara seimbang dan jangan gunakan teori diet apapun pada anak saat mengubah pola makannya. Teori seimbang tersebut, terdiri dari 50-60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein, dan sekitar 30 persen lemak atau bahkan kurang.

2. Ganti camilan anak dengan buah-buahan

Cara mengatasi anak obesitas selanjutnya ialah dengan mengganti makanan camilannya yang tinggi kalori dengan buah segar dan juga konsumsi air putih yang seimbang. Hal ini bisa dilakukan di sela-sela jadwal makanan dan camilan.

Berikan asupan nutrisi sembang yang berasal dari sayur dan buah yang mengandung serat yang berlimpah. Sayur dan buah, akan memberikan rasa kenyang lebih cepat, serta mampu mengurangi frekuensi rasa lapar sekaligus meningkatkan pemecahan lemak.

Bukan hanya itu, batasi jam makan anak maksimal 30 menit saja dan tidak boleh ada makanan lainnya di sela-sela waktu makan terkecuali buah. Jangan lupa juga orang tua pun harus memberi contoh gaya hidup sehat pada anak. Sebab, perilaku anak maupun gaya hidupnya di dapat dari gaya hidup yang dilihat dari orangtuanya

3. Tingkatkan aktivitas fisik

Ketika anak megalami masalah obesitas, ada baiknya orang tua mulai untuk mengajaknya beraktivitas fisik lebih intens lagi. Seperti dengan main bola, bersepeda maupun olahraga lain yang digemari oleh anak. Jadikan, kegiatan tersebut sebagai quality time ​yang memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak bersama orangtua.

Kurangi waktu bermain dengan gadget, komputer, ataupun menonton televisi. Uahakan hanya satu jam saja dan tidak lebih setiap bermain, terutama untuk anak-anak yang masih berusia pra-sekolah. Selain melarang anak, jangan lupa sebagai orang tua Anda juga harus memberikan contoh unuk tidak bermain smartphone atau nonton televisi saat bersama anak. Sebab, perilaku dan kebiasaan orang tua menjadi panutan utama bagi anak.

4. Tingkatkan motivasi Anak

Selanjutnya, cara mengatasi anak obesitas ialah dengan memberikannya motivasi untuk beralih dengan pola hidup sehat agar bisa menurunkan berat badan jadi lebih ideal. Berikan pemahaman pada anak, jika pola hidup sehat yang dijalani ini demi menjaga kesehatannya dalam jangka lebih panjang.

Berikan pengertian juga jika pola hidup sehat ini tak akan ia jalani sendirian, tetapi juga oleh semua anggota keluarga yang lainnya. Hal ini supaya anak tidak merasa tertekan saat menjalani pola hidup sehat untuk mengatasi obesitas yang ia alami.

Ajari anak untuk jadi lebih terbuka mengenai masalah-masalah yang bisa berpotensi menimbulkan masalah obesitas. Seperti pola makan, gaya hidup yang kurang sehat pun juga jadi salah satu hal yang memicu munculnya masalah obesitas.

5. Siapkan target tujuan

Proses untuk mengatasi obesitas pada anak jadi lebih efektif, cobalah untuk memberikan anak target. Misalkan 0,5 kg dalam waktu dua minggu atau penurunan berat badan sekitar bisa lebih ideal. Atau cukup dengan mempertahankan berat badannya sebab pertumbuhan tinggi badan akan masih terus berlangsung.

Minta pada Anak agar mampu mencapai target tersebut, jangan lupa juga dengan terus memberinya motivasi untuk menjaga pola hidup yang jauh lebih sehat.

6. Jangan Pelit pujian

Selain memberikan motivasi pada anak, yang tidak kalah pentingnya sebagai cara mengatasi obesitas pada anak ialah jangan pelit memberikannya pujian. Berikan dorongan serta pujian terhadap setiap poin keberhasilan yang dicapai anak saat menjalankan perilaku hidup sehat yang ia lakukan berhasil.

Dengan memberikan anak pujian, ia akan merasa lebih dihargai dengan pencapaiannya. Jadikan juga pujian yang diberikan dari anggota keluarga jadi reward yang sangat berharga bagi anak dengan obesitas untuk bisa memacu keinginan menurunkan berat badannya.

7. Libatkan anggota keluarga yang lain

Jangan lupa untuk melibatkan anggota keluarga lainnya dan juga guru serta teman-teman di sekolahnya untuk membantu anak mengatasi masalah obesitas yang dihadapinya.

Anak-anak dengan obesitas memerlukan kedekatan hubungan dengan orangtua serta keluarga yang lebih erat. Serta perlu mempunyai ketertarikan sekaligus keterikatan terhadap sekolah, hal tersebut berkaitan erat dengan emosi anak-anak dengan obesitas agar bisa diterima dalam lingkup sosial.

Selain itu, anak-anak dengan obesitas juga membutuhkan kejelasan dari orangtua mengenai batasan serta kedisiplinan dan juga keyakinan jika meraka akan mendapatkan masa depan yang jauh lebih positif dan juga produktif. Demikian tadi cara mengatasi anak obesitas yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Mulai dari menerapkan pola makan sehat yang seimbang hingga memberikan motivadi dan dukungan pada anak untuk mengatasi masalah obesitas yang dihadapinya. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi masalah obesitas dnegan lebih maksimal lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *