7 Menu Sarapan Sehat Buat Anak dan Keluarga

menu sarapan sehat anak

Agar anak tak gampang bosan serta sarapan di pagi hari selalu terjaga, ada baiknya menu sarapan paginya punya banyak variasi. Menu sarapan yang gampang dan tak butuh waktu lama itu, roti tawar dengan selai coklat atau kacang. Tapi, jangan terlalu sering.

Karena roti tawar minim nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sehingga kurag sehat jika terus-terusan diberikan untuk anak, ada baiknya kombinasikan antara sayur dan buah serta protein yang cukup di pagi hari. Masih bingung menua apa yang cocok untuk  sarapan sehat anak? Yuk, simak rekomendasi menu sarapan sehat buat anak berikut ini.

1. Roti tawar gandum lapis selai

Roti tawar yang dibuat dari gandum utuh punya banyak kandungan nutrisi baik yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Misalnya saja seperti karbohidrat kompleks, protein, antioksidan, magnesium, vitamin B, zat besi serta mineral lainnya.

Dalam sehelai roti tawar berbahan gandum utuh, didalamnya terkandung kurang lebih 200 mg sodium. Diketahui bahwa kebutuhan sodium harian disarankan antara 600 mg hingga batas maksimalnya 1.800 mg tiap harinya. Sehingga roti tawar dari gandum utuh yang dilengkapi dnegan selai bisa jadi menu sarapan sehat buat anak dan juga keluarga. Agar anak makin bersemangat, berikan selai kesukaannya.

2. Salad Buah Segar

Sejak dini anak-anak mesti dibiasakan untuk makan buah dan sayur agar kecukupan nutrisinya terpenuhi. Apalagi di pagi hari, mengkonsumsi buah atau sayur sangat baik untuk menujang metabolisme jadi lebih maksimal.

Anda bisa memberikan anak jus atau salad dari buah segar, bisa juga dengan mengkombinasikannya dengan beberapa jenis buah seperti semangka, apel, tomat, melon, nanas, anggur atau buah-buahan favorit anak.

Cuci bersih buah yang sudah disiapkan, lalu otong dadu dengan ukuran yang kecil sekali suap. Kemudian berikan tambahan keju parut dan juga mayonnaise. Supaya gizinya makin lengkap, berikan tambahan sayuran yang anak suka, seperti mentimun atau daun selada.

3. Nasi goreng  mata sapi

nasi goreng mata sapi

Biasanya anak-anak tak suka makan macam-macam saat pagi hari. Cukup siapkan nasi goreng dengan telur mata sapi di atasnya. Telur mata sapi biasanya digoreng dengan mentega dan biarkan bagian kuning telurnya utuh.

Lebih nikmat lagi jika ditambah dengan sedikit kecap saat diletakan di atas nasi yang masih mengepul. Berikan tambahan buah sebagai pencuci mulut, seperti jeruk atau melon.

Baca Juga : 9 Tips Menyiapkan Bekal Buat Anak Ke Sekolah

4. Sereal cokelat dengan susu hangat

Sereal yang dipadukan dengan susu hangat umumnya sangat disukai oleh anak-anak. Apalagi untuk menu sarapan pagi, anak akan jadi lebih tertarik dan bersemangat untuk menghabiskannya. Menu sarapan sehat buat anak yang satu ini pun cukup mudah membuatnya. Cukup sereal dengan rasa coklat atau sereal jangung dengan segelas susu hangat lalu dicampur menjadi satu.

Dalam semangkuk sereal plus susu, terkandung vitamin serta mineral yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Sejumlah penelitian menujukkan, bahwa  sarapan dengan sereal mampu membantu membuat berat badan tetap terjaga.

Bahkan juga mampu membantu memperbaiki status gizi seseorang. Bagi anak dengan obesitas atau berat badan berlebih sekalipun, sarapan dengan sereal terbilang aman dikonsumsi, asalkan tidak menambahkan gula.  Supaya anak makin tertarik, coba biarkan anak memilih sendiri rasa sereal serta bentuk yang ia sukai.

5. Oatmeal

Oatmeal  memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah dan diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, lemak, serat, protein, vitamin B kompleks, kalsium, folat, fosfor, magnesium, mangan, zat besi dan juga kalium.

Bukan cuma baik untuk anak-anak saja tapi menu sarapan sehat yang satu ini juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada di dalamnya penting dalam menunjang tumbuh kembang anak di masa mendatang

Selain itu, konsumsi sereal secara rutin baik untuk kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, metabolisme, jaringan tubuh, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Cara membuatnya pun sangat simpel dan mudah, tuang 5 sendok oatmeal lalu seduh dengan air atau susu hangat. Agar lebih menarik, tambahkan topping cantik buah-buahan segar , mislanya stoberi, pisang, kiwi atau jenis buah lain ssesuai selera.

6. Kentang goreng dan sosis

Menu sarapan sehat buat anak yang satu ini mungkin jadi menu paling ditunggu-tunggu oleh anak, apalagi jika mereka suka dengan makanan pedas. Sosis dari daging sapi yang digoreng memang sangat pas kalau disandingkan dengan saus pedas maupun saus tomat.

Jangan lupa tambahkan kentang sebagai ganti karbohidrat untuk mencukup kebutuhan nutrisinya di pagi hari. Menu yang satu ini bisa jadi simpanan energi hingga waktu makan siang tiba.

7. Dadar gulung isi tumis daging dan sayuran

Menu sarapan sehat buat anak tak perlu yang ribet dan aneh. Seperti dadar gulung sayuran misalnya, cukup dibuat dengan telur yang dikocok lepas kemudian di dadar diatas teflon. Lalu diisi dengan tumisan sayuran dan daging cincang, sudah diap jadi menu sarapan simpel buat anak yang sehat.

Telur kaya akan kandungan protein yang sangat baik untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Selain itu zat besi yang terdapat pada daging juga membantu agar anak terhindar dari resiko anemia. Sayuran juga sangat baik untuk memnuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesahatan kulit. Agar lebih bervariasi, coba ganti sayurannya dengan sayuran seperti wortel, jagung manis, buncis atau sayuran kesukaan anak.

Penutup

Demikian tadi informasi menarik tentang menu sarapan sehat buat anak yang bisa digunakan untuk mengajari anak pola makan yang sehat. Mulai dari roti tawar gandum dengan selai, oatmeal, hingga dadar gulung dengan isian tumis daging dan sayuran. Semoga bisa jadi inspirasi untuk Anda amenyiapkan sarapan sehat untuk anak dan keluarga di rumah. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *