Ini Dia 7 Tips Memilih Buku Yang Bagus Untuk Anak

anak lagi baca buku

Sebetulnya, sejak usia dini bahkan ketika masih bayi anak pun sudah bisa dikenalkan dengan kebiasaan membaca buku. Selain bisa menumbuhkan minat membaca, buku juga bisa menjadi sarana untuk melatih tumbuh kembang buah hati.

Akan tetapi, banyak orang tua yang kurang paham bagaimana pentingnya memilih buku yang bagus untuk anak. Nah, agar tidak salah pilih, sebagai orangtua Anda memang harus lebih jeli lagi saat memilih buku yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan anak.

Ingin tahu seperti apa caranya? Simak tips memilih buku yang bagus untuk anak berikut ini.

1. Pilih Konten yang Sesuai Usia Anak

Tips memilih buku yang bagus untuk anak yang pertama ialah memilih konten buku yang sesuai dengan usia anak. Buku  yang nantinya akan dibaca atau dibacakan untuk anak haruslah memiliki isi konten yang sesuai dengan usia anak.

Contohnya saja, konten buku untuk anak berusia 3 tahun pastinya berbeda dengan buku yang ditujukan untuk anak-anak berusia 6 tahun. Begitupun sebaliknya, isi konten buku untuk anak berusia 3 tahun bisa jadi terlalu simpel untuk anak-anak berusia 6 tahun.

2. Sesuaikan dengan Minat Anak

Selanjutnya pilih buku yang sesuai dengan minat anak sesuai usianya. Di usia sekitar 3 tahun an, umumnya anak-anak di usia ini sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan binatang. Karenanya pilihlah buku yang memiliki tema ataupun tokoh utama binatang.

Sedangkan di usia sekitar 6 tahun, umumnya anak-anak di usia ini jauh lebih suka dengan buku cerita yang menceritakan tentang tokoh anak sebayanya. Karenanya, pilih buku dengan tokoh utama anak-anak usia sekolah.

3. Pilih Struktur Kalimat yang Pendek dan Singkat

Selanjutnya, tips memilih buku yang bagus untuk anak Anda juga harus memperhatikan banyaknya teks maupun kalimat yang ada di dalam sebuah buku. Untuk anak-anak yang berusia dini, Anda dapat memilih buku cerita yang memiliki struktur kalimat yang singkat serta pendek.

Sehingga anak bisa lebih mudah memahami dan mengingat kalimat atau kata-kata yang ada di dalam buku cerita tersebut. perlu diingat juga, bahwa belajar membaca perlu proses yang tidak singkat. Jadi jangan paksa anak untuk bisa membaca segera, ya.

4. Berikan Buku dengan Gambar yang Menarik

Anak-anak cenderung lebih suka gambar dibandingkan tulisan. Ini karena, anak-anak tersebut memiliki daya visual yang jauh lebih kuat dibandingkan sekadar mendengarkan sebuah cerita. Dari tampilan visual yang terlihat menarik, imajinasi yang dimiliki anak-anak akan semakin terasah dan meningkat.

Sehingga, pilih buku yang di dalamnya menyuguhkan beragam ilustrasi maupun gambar yang menarik sehingga mampu membangkitkan minat anak pada sebuah buku. Dengan demikian anak akan jauh lebih mudah memahami apa isi cerita dalam buku yang hendak disampaikan. Buku dengan gambar yang berwarna akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh anak.

5. Buku dengan Jalan Cerita Menarik

ibu lagi membacakan anak

Untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas, Anda juga bisa memilih buku yang mempunyai jalan cerita yang menarik. Saat membacakan buku cerita untuk anak, sangat penting diperhatikan supaya orang tua juga harus bisa menjadi pencerita yang mampu membuat anak terlibat dalam cerita secara emosi.

Orang tua bisa mengubah-ubah nada suara dan intonasinya sesuai dengan jalan cerita, supaya anak makin tertarik dan bisa memahami isi yang ada dalam buku cerita. Terlebih di zaman yang serba digital seperti saat ini sangat banyak buku untuk anak yang sudah dilengkapi juga dengan audio yang menarik.

Suara-suara yang muncul dapat membangkitkan minat pada anak serta rasa ingin tahunya mengenai cerita Anda dibacakan.

6. Mengandung Pesan Moral

Buku dengan visual menarik, belum tentu juga di dalamnya terkandung pesan moral yang juga baik. Ada baiknya perhatikan betul isi cerita di dalam buku sebelum Anda memilih dan membeli buku untuk anak. Jika Anda membeli buku cerita di sebuah toko buku besar, pastinya di beberapa judul ada satu buku yang tak tersegel.

Jadi, Anda dapat membacanya sedikit isinya lebih dulu sebelum memutuskan untuk membeli buku tersebut. Perhatikan isinya apakah buku tersebut mengandung pesan moral yang baik untuk anak-anak Anda.

Pilih buku dengan isi cerita yang mampu menumbukan rasa empati, menghargai keberagaman, pertemanan, mampu mengatasi rasa takut ataupun nilai moral lainnya yang hendak Anda kenalkan untuk anak. Sehingga secara tak langsung isi cerita pada buku tersebut mampu mengajarkan beragam hal baik pada anak.

7. Ajak Anak untuk memilih buku kesukaanya

Tips memilih buku yang bagus untuk anak selanjutnya ialah dengan mengajak anak untuk memilih sendiri buku yang ia sukai. Ada baiknya saat memilih buku untuk anak, pahami dulu seperti apa minat anak dengan buku. Sebab setiap anak punya minat serta kesenangannya sendiri.

Hal ini juga jadi salah satu cara yang efektif untuk membuat anak makin bersemangat dan tertarik dengan buku danbelajar membaca.

Nah, jika belum paham dengan minat anak, coba saat sedang pergi ke toko buku jangan lupa ajak anak Anda. Berikan kesempatan si kecil agar bia memilih buku yang ia sukai. Umumnya, anak di usia lebih dari 2 tahun sudah mampu memilih buku favoritnya sendiri meski hanya melihat cover bukunya saja.

Bantulah anak saat memilih buku dengan membatasi pilihannya. Jangan biarkan anak memilih buku tanpa pengawasan, sebab tak semua buku baik untuk anak. 

Penutup

Nah, itu tadi tipe memilih buku yang baik untuk anak agar bisa mendukung tumbuh kembang anak semakin maksimal. Dari mulai memilih konten yang sesuai dengan usia anak, memilih suku dengan struktur kata yang pendek hingga ajak anak untuk memilih sendiri buku kesukaannya. Jangan biarkan anak memilih buku yang tidak sesuai dengan usianya atau buku dengan konten yang tak sesuai dengan nilai moral kehidupan dalam keluarga dan masyarakat. Tetap awasi dan jaga nak-anak dari buku bacaan yang kurang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *