11 Tips Memilih Paud yang Bagus untuk Buah Hati

Paud untuk buah hati

Biasanya banyak orangtua yang merasa bingung saat ingin menyekolahkan buah hatinya, terlebih untuk anaknya yang masih berusia dini. Hal tersebut wajar saja terjadi karena setiap orangtua tentu menginginkan yang terbaik untuk pendidikan si Kecil.

Saat ini pendidikan paud atau pra sekolah sudah semakin banyak karena dianggap cukup penting. Hingga banyak sekali yang dipersiapan untuk menuju ke jenjang pendidikan yang selanjutnya.

Nah, supaya tak kebingungan ketika memilih PAUD yang terbaik untuk buah hati, coba perhatikan dulu beberapa tips memilih PAUD yang bagus agar Anda tak keliru dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hati. Berikut diantaranya.

1. Temukan informasi sebanyak-banyaknya

Gali informasi mengenai metode pengajaran yang dilakukan sekolah dengan bicara dengan pengajar PAUD atau kepala sekolah ketika berkunjung ke sekolah PAUD. Sekarang ini sudah begitu banyak sekolah PAUD yang sudah punya media sosial, blog, hingga situs online untuk mengenalkan sekolah mereka.

Selain itu juga ada berbagai macam forum tempat berkumpulnya para orang tua untuk saling berbagi cerita mengenai sekolah yang bagus untuk anak. Anda pun juga bisa ngobrol secara online dengan orang tua dari anak yang sudah bersekolah di sekolah tersebut.

2. Perhatikan tentang kurikulum hingga metode pengajaran

Masing-masing PAUD punya kurikulum serta metode pengajaran yang cukup berbeda. Tips memilih PAUD yang bagus untuk anak ialah dengan memperhatikan kurikulum dan juga metode pengajarannya.

Umumnya, sebagai ukuran yang baik sebuah sekolah PAUD haruslah punya jadwal kegiatan harian yang meliputi banyak aktivitas fisik untuk anak. Slain itu juga ada program  kelompok,  juga ada waktu istirahat untuk bermain, makan, juga melakukan berbagai macam karya kerajinan.

3. Pilih lokasinya yang tak jauh dari rumah

Penting sekali untuk memastikan jika lokasi PAUD masih berada dalam jangkauan yang gampang diakses dari rumah serta tak membutuhkan waktu perjalanan yang terlalu lama. Selain agar menghindari anak mudah lelah dalam perjalanan.

Keadaan tersebut juga akan memudahkan Anda maupun anggota keluarga yang lain ingin mengantar dan menjemput anak. Jangan sampai anak terlambat masuk kelas atau bahkan telat dijemput hanya karena disebabkan lokasi sekolah yang cukup jauh dari rumah dan perjalanan yang macet.

4. Pertimbangkan juga soal jumlah anak yang  dalam tiap kelas

anak makan bersama teman

Mempertimbangkan jumlah anak dalam satu kelas juga harus diperhatikan ketika memilih sekolah PAUD  untuk anak. Hal ini cukup penting diperhatikan, sebab jumlah anak yang makin sedikit dalam satu kelas maka akan memungkinkan setiap anak memperoleh perhatian dan penanganan yang lebih baik dari para guru.

5. Pastikan mengenai kondisi sekolah

Tips memilih PAUD yang bagus untuk anak selanjutnya ialah dengan memperhatikan kondisi kebersihan sekolah yang nantinya akan jadi rumah kedua bagi anak. Lingkungan yang terawat dan bersih akan membantu anak mampu tumbuh dan berkembang dnegan maksimal di lingkungan sekolah.

Selain itu, perhatikan juga mengenai keamanan lingkungan sekolah, baik lingkungan dalam sekolah maupun lingkungan luarnya. Pastikan lingkungannya benar-benar bersih, aman dan juga terawat secara maksimal.

6. Pastikan sekolah yang dituju sudah ter-akreditasi

Sebuah sekolah PAUD yang sudah ter-akreditasi, maknanya sekolah tersebut telah memenuhi standar dari Badan Akreditasi Nasional yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan. Karenanya pastikan PAUD yang ingin Anda tuju sudah memiliki standar akreditasi agar bisa menjamin kepastian serta kelanjutan bagi pendidikan anak ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.

7. Jangan lupa perhatikan fasilitas yang dimiliki sekolah

Memilih sekolah PAUD untuk anak yang bagus, Anda pun tak boleh lupa memperhatikan  soal keberadaan fasilitas maupun sarana yang dimiliki sekolah.  Misalnya saja seperti tempat bermain, perpustakaan, kamar istirahat yang diperuntukan bagi siswa yang sakit. Hingga adanya kegiatan yang digemari oleh anak Anda, dari mulai musik, menari, olahraga, maupun berdongeng. Hal ini penting diperhatikan, sebab semua hal tersebut memiliki peran penting sebagai sarana untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki anak.

8. Perhatikan kebersihan makanan yang ada di lingkungan sekolah

Tips memilih PAUD yang bagus selanjutnya ialah dengan memperhatikan kebersihan makanan yang ada di PAUD dan lingkungan sekitarnya. Dan jika sekolah PAUD memberikan makanan untuk siswa sekolahnya, maka pastikan jika makanan tersebut sudah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan.

9. Lihat bagaimana sikap staf dan para guru pada siswanya

Sikap para guru maupun staf PAUD turut berdampak pada perkembangan mental dan karakter anak serta caranya bersikap. Hal tersebut menciptakan perbedaan yang ccukup besar pada suasana PAUD yang lebih ceria serta mendukung tumbuh kembang anak.

10. Kenali karakter dan keunikan anak

Satu hal yang utama dalam memilih sekolah untuk anak ialah dengan mengenali keunikan serta karakter anak. Sebab setiap anak punya karakteristik unik yang membuatnya berbeda. Ada anak yang gemar sekali bermain di luar, tapi ada juga yang lebih suka bermain musik, menggambar, dan lainnya.

Sesuaikan sekolah pilihan Anda dengan karakter, kegemaran juga kemampuan anak sehingga ia jadi lebih senang dan mampu berkembang lebih maksimal.

11. Ajak anak saat survei sekolah

Ada baiknya saat memilih sekolah jangan lupa ajak juga si Kecil, sebab ia yang nantinya akan menghabiskan waktu sepanjang hari di sekolah tersebut. Anda pun juga bisa menjelaskan kepadanya tentang alasan mengapa ia harus bersekolah juga banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan di sana.

Ajak anak untuk memilih sendiri perlengkapan sekolahnya, dari mulai tas, buku dan juga sepatu, sehingga anak pun lebih bersemangat mengawali momen barunya masuk sekolah.

Penutup

Demikian tadi tips memilih PAUD yang bagus untuk anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua yang masih galau saat memilih sekolah untuk buah hati. Mulai dari menggali informasi sebanyak-banyaknya, hingga mengajak anak untuk survei ke sekolah barunya. Semoga bisa membantu Anda menemukan sekolan PAUD yang bagus untuk anak tersayang.

Satu hal yang harus dipahami oleh orangtua ialah PAUD seharusnya jadi sebuah sarana bermain yang punya lingkungan yang menyenangkan untuk anak. Jadi jangan memaksakan untuk memasukan anak ke PAUD yang menurut Anda bagus tapi membuat anak tak nyaman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *