9 Tips Menyiapkan Bekal Buat Anak Ke Sekolah

sarapan cantik

Menyiapkan bekal buat anak kadang-kadang perlu trik yang tepat. Supaya anak mau memakan bekalnya saat di sekolah dibandingkan beli jajan sembarangan yang belum terjamin kebersihannya juga gizinya untuk anak.

Anak-anak memang tak selalu bisa menghabiskan bekalnya, ini bisa jadi karena anak sudah merasa kenyang atau bahkan bosan. Lantas, bagaimana caranya menyiapkan bekal buat anak dengan rasa yang enak, sehat, sekaligus punya tampilan yang menarik ke sekolah?

Jangan buru-buru gelisah, simak lebih dulu tips menyiapkan bekal buat anak ke sekolah berikut ini.

1. Cari Tahu Menu Kesukaan Anak

Tips menyiapkan bekal buat anak ke sekolah yang pertama ialah dengan mencari tahu makanan yang disukai anak. Coba tanyakan pada anak, menu seperti apa yang ia inginkan untuk beka ke sekolah nanti.

Jangan paksa anak membawak bekal makanan yang tak ia suka, karena anak bisa saja tak akan memakannya atau justru membuangnya. Selain itu, pastikan juga gizi serta nutrisi yang diperlukan  anak dapat terpenuhi dari bekal yang Anda buat tersebut.

2. Berikan Banyak Pilihan

Agar anak tidak bosan dengan bekal makanan dengan menu yang sama setiap hari, coba berikan beberapa alternatif menu yang berbeda. Anda bisa menyelipkan beberapa kudapan favorit anak, seperti nugget atau cokelat supaya anak jadi lebih semangat menghabiskan bekal yang ia bawa ke sekolah.

Namun perlu diingat juga agar tetap membatasi jumlah makanan tersebut karena bisa membuat anak lebih cepat kenyang.

3. Kumpulkan Referensi

Agar bisa memberikan bekal buat anak ke sekolah, coba cari dan temukan referensi menarik yang ada di buku maupun internet. Dengan meningkatnya teknologi digital seperti saat ini, membuat penyebaran informasi menjadi sangat cepat dan meluas, sehiang Anda bisa memperoleh refernsi untuk bekal anak ke sekolah jadi lebih mudah.

Menariknya lagi, beberapa sumber bahkan kerap menambahkan info mengenai kandungan gizi di dalam resepnya. Sehingga Anda bisa tahu lebih detail mengenai apa saja kandungan nutrisi dalam makanan bekal yang dikonsumsi oleh anak.

4. Jangan lupa hias bekal anak jadi lebih Menarik

sarapan cantik hallo kitty

Anak-anak umumnya akan lebih tertarik dengan bentuk makanan yang unik dan menarik. Sebab itulah, buatlah bekal dengan cara berbeda. Misalnya saja, jika anak gemar menonton sebuah kartun atau ada karakter favoritnya, maka buat bekal makanannya dengan karakter tersebut. atau setidaknya mirip, supaya nafsu makan anak jadi meningkat.

Jangan segan untuk bereksperimen saat memberikan garnish pada bekal makanan anak, sebab momen makan siang di seolah akan sangat ditunggu-tunggu oleh anak.

5.  Buat daftar menu bekal

Tips menyiapkan bekal buat anak ke sekolah selanjutnya ialah dengan membuat daftar menu bekal yang nantinya akan  dibawa oleh anak ke sekolah. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyiapkan menu bekal buat ke sekolah anak jadi lebih cepat.

Keuntungan dengan membuat daftar menu bekal ini, ialah Anda pun bisa lebih tahu menu-menu bekal apa saja yang disukai oleh anak dan juga menu mana saja yang harus di ganti atau bahkan dikurangi.

6. Hindari menyiapkan menu yang sama hampir setiap harinya

Jangankan anak-anak, kita saja sebagai orang dewasa ketika makan dengan menu yang sama hampir setiap hari pasti akan merasa bosan. Karenanya, membuat daftar menu untuk bekal anak akan membantu Anda bisa berkreasi dengan menu bekal berbeda setiap harinya.

Dengan begitu anak tak akan merasa cepat bosa dengan menu yang Anda siapkan untuk bekalnya ke sekolah. Buatlah menu bekal anak ke sekolah dengan menu yang lebih praktis dan mudah disiapkan bahannya.

Saat menyiapkan bekal buat anak sekolah, tak perlu yang rumit. Yang terpenting ialah perhatikan waktu belajar anak dan lamanya kegiatan di sekolah. Sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan anak saat belajar di sekolah.

7. Jangan monoton saat menyiapkan bekal

Roti panggang, risoles, atau sandwich  yang disajikan dengan bentuk segitiga selalu terlihat menggoda. Apalagi buat anak-anak, sebab mereka suka memperhatikan bentuk makanannya. Jadi, ada baiknya Anda mulai menyiapkan cetakan kue dengan beragam bentuk yang unik dan lucu agar bisa menyajikan menu unik buat bekal anak ke sekolah.

Anda juga bisa menyiapkan menu-menu seperti omelet yang dipotong dengan bentuk kotak atau segitiga agar menarik perhatian anak. Dan membuatnya lebih tertarik untuk menghabiskan bekal sekolahnya.

8. Ajak anak untuk menyiapkan bekal ke sekolah

Saat menyiapkan bekal buat anak ke sekolah, cobalah sesekali ajak anak membuat bekalnya sendiri. Hal ini akan membuat anak jadi lebih tertarik dengan hasil karyanya sendiri sehingga lebih lahap dengan bekalnya. Mengajak anak saat menyiapkan bekal untuk ke sekolah juga agar menghindari kehabisan ide menu bekal anak.

9. Berkreasi dengan leftlovers

Makanan semalam tak habis? jangan buru-buru dibuang! Coba kreasikan menjadi menu bekal buat anak ke sekolah agar lebih hemat. Pernah dengar yang namanya leftlovers? Sebutan ini diberikan untuk makanan sisa kemarin di rumah.

Anda bisa mendapatkan ide resep leftovers di sosial media atau pun blog milik para foodblogger. Lagi pula, buan-buang sisa makanan yang masih dapat dimakan bukan hal yang baik, lho. Jadi dari pada dibuang dan hanya jadi sampah, Anda bisa mengkreasikannya jadi menu baru untuk bekal sekolah anak besok pagi.

Hal ini juga sekaligus mengajarkan pada anak-anak untuk  bisa berhemat dan tidak gampang membuang makanan ke tempat sampah.

Penutup

Nah, demikian tadi beberapa cara menyiapkan bekal buat anak ke sekolah agar anak jadi lebih bersemangat. Mulai dari mencari tahu menu makanan kesukaan anak, berikan menu dengan banyak pilihan hingga berkreasi dengan leftlovers. Semuanya bisa dilakukan untuk membuat anak mau menghabiskan bekal sekolahnya daripada jajan sembarangan di sekolah. Selain agar bisa menjaga nutrisi anak, hal ini juga menghindari kemungkinan anak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *