10 Cara Mengatasi Cacar Air Agar Cepat Kering

cacar air

Cacar air merupakan jenis penyakit yang sering menyerang anak-anak, terutama mereka yang berusia di bawah 12 tahun. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga menyerang orang dewasa.

Setelah seseorang terkena cacar air, tubuh akan membangun sistem imunitas, sehingga kebanyakan orang hanya mengalami penyakit ini satu kali.

Cacar air sendiri ditandai dengan munculnya bentolan kemerahan yang berisi cairan di beberapa bagian tubuh. Dan bentolan ini akan menyebar ke seluruh tubuh beberapa hari kemudian.

Rata-rata, ada 400-500 bentolan yang akan muncul ketika seseorang terkena cacar air. Meskipun bukan penyakit yang perlu dikhawatirkan, cacar air perlu ditangani dengan benar agar cepat sembuh dan kering. Apabila si buah hati sedang terkena cacar, silakan simak uraian berikut ini mengenai 10 cara mengatasi cacar air agar cepat kering berikut ini.

1. Cegah  Anak Menggaruk Ruam

Bentolan yang muncul di sekujur tubuh memang akan menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan. Rasa gatal ini muncul karena otak menganggap  cairan di dalam ruam tersebut adalah sesuatu yang harus disingkirkan. Maka, wajar jika anak tidak tahan dan reflek menggaruknya.

Meskipun begitu, sebagai orang tua Anda perlu mengawasi agar anak tidak menggaruk bentolan di tubuhnya. Menggaruk justru akan membuat bentolan tersebuh pecah dan cacar air si buah hati lebih cepat menyebar.

Selain itu, luka bentolan yang muncul juga memberi peluang masuknya kuman. Dan luka akibat garukan ini cenderung sulit dihilangkan. Namun apabila bentolan ditangani dengan baik dan dibiarkan mengering sendiri, bekas bentolan akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Saat anak sudah tidak tahan dengan rasa gatal yang terus muncul, terus yakinkan bahwa rasa gatal tersebut akan mereda dalam kurun waktu tiga sampai empat hari.

2. Mandi Air Dingin

Apabila si buah hati sudah merengek akibat rasa gatal yang muncul, mungkin Anda dapat memintanya untuk mandi dengan menggunakan air dingin. Meskipun tidak secara otomatis menghilangkan bentolan, mandi air dingin akan meredakan rasa gatal yang sering muncul. Mandi air dingin lebih baik ketimbang membiarkan anak menggaruk bentolan di tubuhnya.

Mandi air dingin dapat dilakukan lebih dari dua kali jika memang rasa gatal tidak tertahankan. Dan saat mengeringkan tubuh, pastikan anak tidak menggosok tubuhnya dengan kasar untuk menghindari terjadinya luka pada bentolan. Cukup menepuk tubuh dengan perlahan. Setelah kering, Anda dapat mengolesi bedak dingin ke tubuh anak untuk meredakan rasa gatal di tubuhnya.

3.  Perbanyak Istirahat di Rumah

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, menderita cacar juga akan memberikan rasa nyeri dan demam pada anak.  Setidaknya, hindari anak melakukan aktivitas di luar selama satu minggu sampai benar-benar pulih.

Selain bertujuan memulihkan kesehatan anak, mengisolasi anak dari aktivitas luar juga bertujuan menghindari penularan ke anak-anak lain. Sebab virus cacar sangat mudah menular, baik melalui udara atau kontak cairan dari si penderita.

4.  Tetap Mandi Secara Rutin

Terkena cacar mungkin membuat si buah hati  jadi malas mandi. Meskipun begitu, Anda harus tetap membujuknya agar tetap mandi secara rutin. Bukan tanpa alasan, bolos mandi akan mengurangi kebersihan tubuh, yang justru akan memberi peluang masuknya kuman dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Terlebih dengan kondisi tubuh terkena cacar, kuman yang masuk dapat menyebabkan munculnya nanah pada bentolan. Oleh karena itulah, sebaiknya Anda tidak membiarkan anak yang malas mandi.

5. Jaga Asupan Makan

anak malas makan

Cara mengatasi cacar air selanjutnya adalah dengan menjaga asupan makan. Saat terkena cacar, umumnya imunitas tubuh akan melemah. Pada kondisi seperti ini, orang tua perlu memastikan bahwa asupan makanan anak terpenuhi.

Dengan menjaga asupan makan, tubuh akan meningkatkan sistem imunnya dan berusaha melawan virus di dalam tubuh, sehingga proses penyembuhan anak akan lebih maksimal. Asupan makan anak harus terpenuhi dan seimbang.

Selain memperhatikan asupan makan, pastikan kebutuhan air putih anak terpenuhi. Hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh anak yang justru akan menghambat proses pemulihan. Dengan terpenuhinya cairan tubuh, maka proses pemulihan akan semakin cepat.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

6. Oleskan Baking Soda pada Ruam

Alternatif selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda ini dinilai mampu meredakan rasa gatal. Untuk membuat campuran baking soda, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Siapkan satu gelas air, kemudian campurkan sedikit baking soda ke dalam gelas tersebut. Kemudian Anda dapat mengoleskan campuran baking soda tersebut ke area bentolan pada tubuh anak. Selain dengan cara mengoleskan, berendam dalam campuran baking soda juga bisa dilakukan agar anak lebih menikmatinya.

7. Berendam dengan Larutan Oatmeal

Berendam menggunakan larutan oatmeal juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi cacar air pada anak. Oatmeal sendiri lebih sering digunakan untuk scrub kulit. Meskipun jarang diketahui oleh masyarakat kita, ternyata oatmeal juga memiliki kandungannya yang mampu meredakan gatal.

Selain mampu meredakan gatal, oatmeal juga dapat digunakan sebagai pembersih alami kulit karena adanya kandungan saponin di dalamnya.  Untuk membuat larutan oatmeal, Anda dapat mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Pertama, tumbuk 1 gelas oatmeal sampai halus. Ambil kain bersih dan gunakan kain tersebut untuk membungkus oatmeal yang sudah dihaluskan.

Setelah itu, siapkan bak yang telah terisi air dan masukkan bungkusan oatmeal ke dalam bak tersebut. Tunggu sampai air di dalam bak berubah warna menjadi keruh, baru air untuk berendam siap digunakan.

8. Oleskan Cuka Apel pada Bentolan

Selain oatmeal, Anda juga dapat memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi rasa gatal pada anak. Untuk memanfaatkan cuka apel, caranya cukup mudah.

Siapkan secangkir air dan masukkan satu sendok cuka apel ke dalam cangkir tersebut. Terapkan perbandingan ini, sebab cuka apel dapat menimbulkan rasa perih apabila kandungannya terlalu tinggi. Selain itu, jangan biarkan cuka apel terkena bagian bentol yang terluka karena akan menimbulkan rasa perih yang hebat.

Selesai membuat larutan, Anda dapat mengoleskan cuka apel ke bentolan pada tubuh anak. Selain meredakan rasa gatal, kandungan cuka apel juga dapat mempercepat proses pengeringan bentolan cacar air.

9. Mengompres dengan Teh Chamomile

Anda juga dapat menggunakan teh chamomile untuk meredakan rasa gatal pada kulit si anak. Untuk membuat kompresan teh chamomile, pertama siapkan sebaskom air panas. Kemudian, larutkan dua kantong teh ke dalam baskom. Gunakan handuk untuk mengompres bentolan yang ada di tubuh anak.

10. Mengoleskan Madu

Cara mengatasi cacar air pada anak di daftar terakhir ini yaitu dengan mengoleskan madu. Madu merupakan bahan alami yang dikenal multi-khasiat. Anda dapat memanfaatkan madu dengan dua cara, yaitu memberikan madu untuk dikonsumsi anak dan mengoleskannya pada bagian bentolan.

Dengan mengkonsumsi madu, kekebalan tubuh anak akan meningkat. Dengan kekebalan tubuh yang membaik, proses penyembuhan juga akan semakin cepat. Dan dengan mengoleskan madu ke bagian bentolan akan meredakan rasa gatal pada kulit.

Penutup

Munculnya cacar air memang akan sangat mengganggu aktivitas si buah hati. Anak yang merengek dan lemas tentu membuat Anda tidak tega. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Cacar air bukanlah suatu penyakit berbahaya dan akan sembuh dalam kurun waktu 2 minggu.

Untuk saat ini, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan penanganan dilakukan dengan tepat.  Mungkin sekian artikel kali ini mengenai 10 cara mengatasi cacar air pada anak. Semoga penjelasan di atas dapat membantu. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *