10 Tips Memilih Sepatu Bayi Dengan Cermat

sepatu bayi

Mencari sepatu bayi yang bagus terkadang mudah-mudah susah. Mudah karena ada banyak pilihan sepatu bayi di toko ataupun e-commerce, dimana Anda bisa memilih model sepatu yang sesuai dengan selera dan budget Anda. Susah karena meskipun ada banyak pilihan, namun memilih sepatu bayi ternyata tidaklah sesederhana itu.

Banyak hal harus diperhatikan dalam memilih sepatu bayi seperti kepraktisan, keawetan, dan kenyamanan. Apalagi bayi belum bisa protes jika merasa sepatunya tidak nyaman. Sehingga sebagai orang tua, kita harus lebih cermat memilih sepatu yang bagus bagi si kecil. Lalu bagaimana cara memilih sepatu bayi? Berikut 10 tips memilih sepatu bayi yang bisa membantu Anda.

1. Pilih sepatu kaus kaki untuk newborn

Untuk memperkenalkan bayi dengan sepatu, tips memilih sepatu bayi yang pertama adalah Anda bisa memilih sepatu yang langsung tersambung dengan kaus kaki. Sepatu jenis ini selain bisa menjadi model sepatu pertama di masa awal kehidupannya, ia juga menjaga kaki bayi tetap hangat.

Selain itu, menggunakan sepatu kaus kaki akan membuat bayi terbiasa dengan pemakaian sepatu di kakinya. Sehingga untuk seterusnya ia akan merasa nyaman ketika menggunakan sepatu dengan model lainnya.

2. Pilih sole sepatu sesuai kemampuan motorik bayi

Bayi yang baru lahir, merangkak, sedang belajar berdiri dan berjalan, memiliki kebutuhan sepatu yang berbeda. Perhatikan sole sepatu yang sesuai dengan kemampuan motorik bayi. Sole merupakan bagian bawah sepatu yang bersentuhan dengan lantai ketika digunakan.

Misalnya bayi yang baru lahir hingga merangkak, cukup diberikan sepatu dengan sole yang ringan dan dapat melindungi kakinya dengan baik. Misalnya seperti Sole dari kain, masih ideal digunakan untuk newborn. Karena belum dapat berjalan, sepatu bagi bayi yang baru lahir berfungsi lebih sebagai pelindung dari cuaca panas dan dingin.

Baca juga:  9 Makanan Untuk Anak Diare Yang Perlu Diketahui

Sedangkan bayi dengan kemampuan motorik berdiri, merambat hingga berjalan, sebaiknya menggunakan sepatu dengan sole karet tipis yang tidak licin ketika berpijak namun tetap ringan digunakan di kaki.

3. Pilih sepatu yang ringan dengan foot cushion yang empuk

Bayi butuh banyak bergerak. Karena itu pilihlah sepatu dengan berat yang ringan agar tidak membatasi ruang gerak si kecil. Sepatu yang ringan akan sangat menyenangkan digunakan karena si kecil tetap bisa bergerak bebas namun kakinya tetap terlindungi.

Jangan lupa untuk memilih sepatu dengan foot cushion yang empuk agar kaki bayi terasa nyaman ketika menapak.

4. Pilih ukuran sepatu bayi jangan terlalu pas

Bagi kita orang dewasa, menggunakan sepatu yang ukurannya pas mungkin menyenangkan, karena kita bisa menggunakannya selama bertahun-tahun tanpa takut sepatu menjadi sempit. Namun tidak demikian halnya dengan bayi.

Karena masih dalam masa pertumbuhan yang pesat, kaki bayi bisa bertambah ukurannya setiap 3 bulan sekali. Oleh karena itu jangan memilih sepatu bayi dengan ukuran yang terlalu pas.

Pilihlah sepatu dengan satu atau dua ukuran lebih besar agar memberi ruang bagi kaki si kecil untuk tumbuh dan berkembang. Pertimbangkan juga ukuran kaki bayi ketika menggunakan kaus kaki, serta bagian depan sepatu apakah memiliki lebar yang ideal untuk bayi menggerakkan jari-jarinya.

5. Pilih material sepatu yang fleksibel

Tips memilih sepatu bayi selanjutnya adalah jangan memilih sepatu dengan material yang keras. Pastikan bahwa bagian bawah sepatu (sole) dan bagian atas (upper) dapat dengan fleksibel kita bengkokkan ke atas dan ke bawah agar nyaman ketika digunakan si kecil dalam aktivitas apapun.

Jangan sekadar tertarik dengan model sepatu yang stylish namun tidak fleksibel. Karena sepatu yang fleksibel dapat mencegah terjadinya cidera dan menjaga kaki bayi tetap sehat.

6. Pilih sepatu yang mudah digunakan

sepatu baby

Saat ini, sepatu slip on tengah populer karena stylish dan mudah digunakan. Kabar baiknya, model ini juga tersedia untuk sepatu bayi. Pilihlah sepatu yang mudah digunakan, sehingga tidak merepotkan Anda sebagai orang tua, dan tidak membuat si kecil kesal karena Anda terlalu lama ketika memakaikan sepatu di kakinya.

Sepatu dengan perekat atau slip on bisa Anda pilih sebagai sepatu yang ideal untuk bayi. Sedangkan sepatu dengan model sneakers dengan tali yang harus diikat satu persatu mungkin bukanlah pilihan yang bijak. Hal ini karena selain sulit untuk digunakan, si kecil juga dapat tersandung tali sepatu ketika sedang beraktivitas.

7. Pilih sepatu dengan pori udara yang baik

Pilihlah sepatu bayi dengan material yang berpori. Ini agar kulit kaki bayi tetap dapat ‘bernafas’ meskipun menggunakan sepatu dalam waktu yang lama. Jangan memilih sepatu dengan pori yang rapat sehingga membuat kaki bayi terbekap dan rentan menimbulkan bau tidak sedap ketika lama digunakan.

8. Pilih model sepatu yang netral

Apakah Anda berencana menyediakan sepatu yang berbeda untuk setiap kegiatan untuk bayi Anda? Jika tidak, Anda bisa memilih satu saja jenis sepatu yang netral sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan.

Model sepatu seperti slip on, sneakers dengan tali sepatu palsu atau kuncian velcro dan sepatu semi boots dapat bayi gunakan untuk berbagai kegiatan. Jangan lupa untuk memilih sole sepatu yang tidak licin sehingga tidak berbahaya ketika digunakan.

9. Pilih sepatu bayi dengan kualitas yang baik

Membeli sepatu bayi dengan harga yang mahal sah-sah saja, apalagi jika Anda memiliki budgetnya. Namun Anda harus ingat bahwa terkadang harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Karenanya jangan terpaku pada harga seolah sepatu dengan harga yang mahal pasti memiliki kualitas yang baik.

Teliti sebelum membeli tetap diperlukan. Apakah jahitannya bagus, apakah sole tersambung baik dengan bagian upper, apakah sepatu menggunakan material yang tahan lama dan berkualitas. Untuk sepatu tertentu, merek sepatu dengan harga premium memang memberikan kualitas yang memuaskan. Namun ada pula sepatu bayi berkualitas dengan harga terjangkau.

Jika Anda membeli secara online pastikan tersedia layanan after sale service sehingga Anda bisa melakukan penukaran sepatu ketika kualitas yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

10. Pilih sepatu tanpa aksesoris

Tips memilih sepatu bayi selanjutnya adalah terkait model sepatu bayi perempuan yang biasanya hadir dalam berbagai model dan warna. Sebaiknya, hindari memilih sepatu yang banyak memiliki aksesoris. Ingat bahwa meskipun terlihat lucu ketika digunakan, namun berpotensi membahayakan bayi.

Mulai dari risiko tersedak aksesoris yang terlepas, risiko tersangkut, hingga risiko tersandung mengintai bayi dengan sepatu yang memiliki aksesoris. Pilihlah sepatu bayi dengan model yang sederhana polos tanpa aksesoris apapun, yang aman untuk digunakan oleh si kecil.

Penutup

Sepatu bagi bayi lebih dari sekedar alas kaki. Selain berperan sebagai pelindung kaki bayi dari berbagai kondisi cuaca panas dan dingin, sepatu bayi juga berperan penting dalam membentuk kaki bayi yang sehat di masa pertumbuhannya yang pesat.

Semoga tips memilih sepatu bayi di atas dapat membantu Anda untuk memilih sepatu bayi yang bagus bagi buah hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *